Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya

http://zonatekhnologi.blogspot.co.id/2018/02/natrium-hidroksida-naoh-pengertian.html
Natrium Hidroksida ( NaOH )merupakan senyawa ion yang bersifat basa kuat, Natrium Hidroksida memiliki sifat korosif dan higroskopik atau menyerap air. Natrium Hidroksida biasa juga disebut soda api tetapi  nama resmi  senyawa ini biasa disebut dengan nama "Sodium Hidroksida". Tingkat kelarutan Natrium Hidroksida di dalam air cukup tinggi. Pada suhu 0 C, kelarutan senyawa natrium hidroksida kisaran 418 g/L. Pada suhu  20 C, kelarutan natrium hidroksida kisaran 1150 g/L. Berikut ini fakta penting mengenai Natrium Hidroksida ( NaOH ) :

1. Profil Natrium Hidroksida ( NaOH )

2. Fakta Fisik Natrium Hidroksida ( NaOH )
Natrium Hidroksida ( NaOH )memiliki struktur padat  bentuknya seperti kristal tergantung pada kegunaan. Natrium Hidroksida  tidak berbau. Tingkat kelarutanya di dalam air juga cukup tinggi. Ketika Natrium Hidroksida dilarutkan ke dalam air,maka suhu air akan naik dan menyebabkan suhu disekitarnya menjadi panas.

3. Fakta Kimia Natrium Hidroksida ( NaOH )
 Natrium Hidroksida ( NaOH )dapat bereaksi pada asam kuat dan asam lemah untuk membentuk garam, reaksinya sebagai berikut:
HCl + NaOH ? NaCl + H2O ( Reaksi NaOH dengan Asam Kuat )

CH3COOH + NaOH ? CH3COONa + H2O ( Reaksi NaOH dengan Asam Lemah )

senyawa Natrium Hidroksida ( NaOH ) juga dapat bereaksi pada oksida pembentuk asam seperti gas CO2 dan SO2, berikut ini persamaan reaksinya :

NaOH + CO2 ? Na2CO3 + H2O

NaOH + SO2 ? Na2SO3 + H2O
senyawa Natrium Hidroksida mampu melarutkan logam seperti logam alumunium dan logam transisi lainya.
Berikut ini persamaan reaksinya :

2NaOH + 2Al + 6H2O ? 2 NaAl(OH)4 + 3H2
Dengan menggunakan Natrium Hidroksida kita dapat mengendapakan senyawa logam yang mempunyai tingkat kelarutan yang rendah seperti logam golongan transisi dan logam golongan utama seperti timbal (Pb) dan timah (Sn). Berikut ini reaksi pengendapan senyawa logam oleh  Natrium Hidroksida  :

ZnCl2 + NaOH ? Na2ZnO2 + H2O

PbSO4 + NaOH ? Na2PbO2 + H2O

CuSO4 + NaOH ? Cu(OH)2 + H2O

Baca juga artikel tentang Asam klorida (HCl) Pengertian,Fakta dan Kegunaannya

4. Fakta Produksi Natrium Hidroksida 

senyawa NaOH atau  Natrium Hidroksida diproduksi pada dunia industri dengan  proses khloroalkali. yaitu dengan cara melarutkan garam murni ke dalam air, lalu dilakukanlah suatu elektrolisis yang mana pada proses ini akan dihasilkan 3 senyawa yaitu Gas Klorin, Gas Hidrogen Dan Senyawa Natrium Hidroksida. proses kloroalkali digunakan diseluruh negara untuk memproduksi senyawa Natrium Hidroksida ini,karena lebih mudah dan simple, proses kloroalkali juga lebih hemat biaya.
Untuk skala di laboratorium, NaOH dapat dibuat dengan cara mereaksikan Ca(OH)2 dengan Na2CO3 berikut reaksinya :
Ca(OH)2 + Na2CO3 ? 2NaOH + CaCO3
Kegunaan Senyawa Natrium Hidroksida
Senyawa  NaOH didalam industri kertas sangat penting fungsinya  senyawa ini berfungsi untuk memisahkan lignin dari serat selusosa sehingga dapat memudahkan dalam proses pengolahan
Demikian artikel tentang Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya semoga bermanfaat terima kasih.

Related Posts

2 komentar: