Panduan : Pengertian Dan Cara Menentukan Isotop,Isobar,Isoton dan Isoelektron

Hello Sobat !  kali ini anda akan belajar bagaimana metodenya menilai isotop,isobar dan isoton.

Bila anda lihat secara sekilas, Unsur-unsur kimia yang ada pada tabel periodik mempunyai jumlah nomor atom dan nomor massa yang berbeda-beda, selain dari sisi jumlah nomor atom dan nomor massa, perbedaan lainya yang dapat anda lihat yaitu dari sisi sifat dan ciri khas yang dipunyai oleh masing - masing bagian tersebut. dari sisi sifat , kita dapat identifikasikan menurut wujud yang dimiliiki oleh sebuah unsur dalam suhu kamar ( 25 C ) apakah ia berwujud padat, cair atau gas ? masing-masing unsur tentu mempunyai wujud yang berbeda-beda.

Sekarang anda lihat lagi dari sisi karakteristik, dari sisi karakteristik kita dapat identifikasikan menurut titik didih dan titik leleh yang dipunyai oleh sebuah unsur, masing-masing unsur tentu mempunyai titik didih dan titik leleh yang berbeda-beda.

Tetapi, meskipun masing-masing unsur mempunyai jumlah nomor atom dan nomor massa serta sifat dan ciri khas yang berbeda-beda, ternyata diantara unsur itu ada yang memiliki kemiripan , baik dari sisi jumlah nomor atom maupun nomor massanya. Nah, pada petunjuk ini, anda akan membahas kemiripan yang dipunyai oleh sebuah unsur menurut jumlah nomor atom dan nomor massa yang dipunyai oleh bagian tersebut. So disimak baik-baik ya sob !!

A. Isotop
Isotop adalah"unsur-unsur yang mempunyai jumlah nomor atom yang sama, dan pada bagian yang sama namun mempunyai jumlah nomor massa yang berbeda". jadi dapat diputuskan bahwa pada isotop ini, bagian -unsurnya memiliki kemiripan dalam jumlah nomor atom, tetapi bertolak belakang dalam jumlah nomor massanya. Berikut ini contoh dari isotop :

                                     isotop,isobar,isoton dan isoelektron
                                     isotop,isobar,isoton dan isoelektron

                                     
B. Isobar
Isobar adalah kebalikan dari isotop , pengertianya yakni "unsur-unsur yang mempunyai* jumlah nomor atom yang bertolak belakang dan pada bagian yang bertolak belakang tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang sama". jadi dapat diputuskan bahwa pada isobar ini unsur-unsurnya memiliki kemiripan dalam jumlah nomor massa, tetapi bertolak belakang dalam jumlah nomor atomnya. sebagai berikut contoh dari isobar :
                                     
                                     
                                     

C. Isoton
Isoton adalah unsur-unsur yang mempunyai nomor atom yang bertolak belakang dan jumlah nomor massa yang bertolak belakang serta pada bagian* yang berbeda. Loh jadi yang sama apa mas dennis ? yang sama merupakan jumlah neutronya yang dapat anda cari dengan teknik mengurangi nomor massa dengan nomor atom.Berikut ini contoh dari isoton :

                                     
                                     
                                     

D. Isoelektron

Isoelektron adalah unsur-unsur yang memiliki kemiripan dalam jumlah elektron. Berikut ini contoh dari isoelektron :

                                      

Ok, begitulah penjelasan tentang isotop, isobar, isoton,dan isoelektron. kini* kita masuk ke misal soal guna menilai isotop,isobar dan isoton dari sebuah unsur !

Tentukanlah Isobar,Isotop dan Isoton dari unsur inilah ini !

                                       
Pertama,kita cari isotopnya, ingat formula ASUS ( nomor Atom Sama Unsur Sama ) sampai-sampai* unsur-unsur yang adalah isotop merupakan :
                                          
Sekarang anda cari isobarnya, ingat formula MAS ( Nomor Massa Atom Sama ) ! Sehingga unsur-unsur yang adalah isobar merupakan :
                                           

Terakhir anda cari isotonnya, ingat ! isoton merupakan unsur-unsur yang mempunyai* jumlah neutron yang sama, sampai-sampai unsur-unsur yang adalah isoton merupakan:
                                                 
Ok, demikianlah petunjuk mengenai teknik menilai Isotop , Isobar , Dan Isoton serta Isoelektron, Semoga bermanfaat untuk sobat atau adik-adik seluruh ! Terima Kasih

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment