Asam Klorida (HCl) : Pengertian,Fakta dan Kegunaanya

Senyawa asam klorida adalah salah satu asam kuat yang tidak mempunyai warna dan bau seperti klorin lainnya.Didalam tubuh kita dapat menghasilkan senyawa asam klorida secara alami.asam klorida dapat di hasilkan secara alami oleh lambung manusia.A sam klorida tersebut berfungsi untuk membunuh kuman dan untuk mengasamkan makanan.Asam klorida juga dikenal dengan nama  Asam Muriatik atau "Spirit Of Salt"nama itu berasal dari nama bahan yang digunakan untuk membuat asam klorida yaitu vitriol hijau atau senyawa FeSO4 dan juga Batuan Garam,karena garam banyak mengandung senyawa NaCl.
Asam Klorida dapat larut dalam bentuk perbandingan apapun di dalam air. Berikut beberapa fakta penting mengenai Asam Klorida:
http://zonatekhnologi.blogspot.co.id/2018/02/natrium-hidroksida-naoh-pengertian.html

1. Profil Asam Klorida 












2. Fakta Fisik Asam Klorida (HCl)

Asam klorida merupakan senyawa yang tidak berbau dan tidak berwarna. Asam klorida mempunyai tekanan uap yang tinggi bayangkan saja, untuk HCl yang memiliki konsentrasi 38 %
tekanan uapnya sudah berada di kisaran 28,3 Kpa,
HCl dijuluki sebagai "Asam Klorida Berasap

3. Fakta Kimia Asam Klorida (HCl)

asam klorida akan membentuk ion-ion seperti ion Hidronium ( H3O+ ) dan ion Klorida ( Cl- ) ketika di larutkan dalam air.persamaan reaksinya :
HCl + H2O ? H3O+  +  Cl-
asam klorida ini dapat terionisasi secara sempurna karena termasuk senyawa asam yang kuat.asam klorida juga bisa bereaksi dengan basa kuat atau basa lemah. Berikut ini adalah reaksi asam klorida.
HCl + NaOH ? NaCl + H2O  ( Reaksi Asam Klorida Dengan Basa Kuat )

HCl + NH4OH ? NH4Cl + H2O  ( Reaksi Asam Klorida Dengan Basa Lemah )
Asam klorida juga dapat bereaksi dengan logam golongan utama dan logam golongan transisi.
Berikut ini persamaan reaksinya
6HCl + 2Al ? 2AlCl3 + 3H2

2HCl + Sn ? SnCl2 + H2

2HCl + Fe ? FeCl2 + H2

2HCl + Zn ? ZnCl2 + H2
Reaksi antara Asam Klorida dengan logam Zn,Fe, dan Al bisa berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan logam Sn,karena potensial reduksi Sn lebih elektropositif  dibandingkan dengan logam Zn,Fe dan Al. logam platinum dan emas dapat larut dalam asam aqua regia karena merupakan gabungan antara 70% asam klorida dan 30 % asam nitrat. Berikut persamaan reaksinya :
3HCl + HNO3 ? Aqua Regia

Au ( Emas ) + 4HCl + 3HNO3 ? AuCl4-  +  3NO2  +  H3O+  +  2H2O

Pt ( Platinum ) + 4NO3-  +  8H+  ?  Pt4+  +  4NO2  + 4H2O
asam klorida berfungsi untuk mensintesis senyawa organik dan sebagai katalis agar reaksi pembentukan senyawa organik  berlangsung lebih cepat. Contohnya  proses sintesis vinil klorida dan dikloroetana untuk pembuatan pipa PVC. Berikut ini reaksi pembentukan dikloroetana yang dibantu dengan HCl :
2C2H4 + 4HCl + O2 ? C2H4Cl2 + 2H2O

HCl juga berfungsi untuk mensintesis karbon aktif dan juga obat-obatan. Berikut ini reaksi pembentukan karbon aktif yang dibantu oleh HCl:
Wood  + HCl + Heat ? Activated Karbon

Baca juga artikel tentang Natrium hidroksida (NaOH) Pengertian,Fakta dan Kegunaannya

4. Fakta Produksi Asam Klorida (HCl)

Asam Klorida diproduksi oleh perusahaan-perusahaan di amerika , eropa dan china, sebanyak 2 juta metrik ton per tahunya.HCl yang di produksi perusahaan berkisar antara 10 % - 30%.Untuk produk komersial, Konsentrasi HCl nya rentang 30% - 40 %.untuk kebutuhan pembersih atau keperluan lainya, konsentrasi HCl nya rentang 10% - 25 %.
cara membuat asam klorida dengan cara melarutkan gas Hidrogen Klorida ke dalam air dalam konsentrasi tertentu. Cara tersebut merupakan cara yang paling sederhana yang dilakukan pada dunia industri.
pembuatan asam klorida pada saat di laboratorium, cara membuat asam klorida dengan cara memanaskan padatan NaCl  dengan Asam Sulfat pekat ( 18 M ) secara bersamaan, lalu  dipanaskan pada suhu 40 - 60 C kemudian di distilasi untuk memisahkan HCl dengan larutan garamnya. Berikut ini persamaan reaksinya :
2NaCl + H2SO4 ? 2HCl + Na2SO4
Itulah metode pembuatan asam klorida dalam skala industri maupun skala laboratorium.
Fungsi Asam Klorida :
Asam klorida mempunyai banyak manfaat kehidupan sehari hari. Contohnya pada asam lambung. Asam lambung kita merupakan larutan 1 M HCl yang disekresi oleh lambung kita sendiri. Asam klorida tersebut berguna untuk membunuh kuman dan juga untuk mengasamkan makanan. Dalam dunia industri sendiri asam klorida berfungsi untuk membuat bahan-bahan plastik,bahan baku pembuatan magnesium, PH buffer dll.
Bahaya Senyawa Asam Klorida
Asam Klorida merupakan asam kuat yang bersifat sangat korosif,sangat berbahaya jika terkena kulit atau mata kita. asam klorida ini merupakan senyawa yang memiliki tingkat keasamaan yang sangat tinggi.
Bila senyawa HCl terkena kulit harus cepat dicuci dengan air mengalir selama 10 - 15 menit dan setelah itu rendamlah dengan larutan Na2CO3 selama 5 menit.
Bahaya senyawa HCl = Korrosif  dan Beracun
( Uap )
Demikian artikel tentang Asam Klorida (HCl) : Pengertian,Fakta dan Kegunaanya semoga bermanfaat terimakasih.

Related Posts

1 komentar: