Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi

Hello Sobat Dan Adik-Adik ! Pada artikel kali ini, saya hendak memberikan suatu keterangan singkat tentang derajat ionisasi, adapun pelajaran yang bakal kita kupas pada artikel kali ini merupakan Pengertian dan Penjelasan singkat tentang derajat ionisasi.Jadi lumayan sediakan teh hangat guna menemani adik-adik menyimak postingan yang segar ini,,ok kini kita langsung ke tkp ...

Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi
Derajat Ionisasi adalah persentase jumlah dari molekul-molekul senyawa elektrolit yang pulang menjadi ion-ion, Maksudnya disini merupakan derajat ionisasi tersebut menunjukkan jumlah dari molekul molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion.

Biasanya derajat ionisasi dicerminkan  dengan a ( alfa ) yang mempunyai rentang nilai 0-1. andai nilai a sebuah senyawa elektrolit bernilai 1, itu dengan kata lain seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit itu akan pulang menjadi ion-ion, dan andai nilai a sebuah senyawa elektrolit bernilai 0,5, itu dengan kata lain 50 % dari semua molekul-molekul dari senyawa elektrolit itu akan berubah menjadi ion-ion, sementara 50 % nya lagi tidak berubah menjadi ion-ion.

Contohnya laksana senyawa Asam bentuk berikut.

                               Derajat Ionisasi
Dari gambar diatas adik-adik dapat lihat, ada 4 molekul senyawa asam bentuk yang terlarut di dalam air namun yang pulang menjadi ion melulu 1 molekul, berarti nilai derajat ionisasinya ialah :
1 Molekul / 4 molekul = 0,25 atau 25 %.

Ok, itulah keterangan singkat dari derajat ionisasi, semoga dapat berfungsi dan dapat meningkatkan wawasan adik-adik semua. Ok deh , bilamana adik-adik masih bingung atau punya pertanyaan, tidak boleh sungkan-sungkan silahkan ucapkan pertanyaan adik-adik di kolom komentar ! Terima kasih

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment